Pasti Halal Dot Com

Cara Membuat Nasi Mandi Kambing Khas Arab Yaman

 

 

Berikut kami hadirkan Cara Membuat Nasi Mandi Kambing Khas Arab Yaman, nasi berbumbu rempah yang sangat lezat.

(Pasti Halal) Konon, nasi mandi adalah asli kuliner Arab Yaman, khususnya Hadramaut. Nasi ini banyak dijual di resto-resto di Mekah dan Madinah. Bagi yang berhaji atau umroh, silakan mencoba. Sangat lezat. Tak usah terlalu jauh, di beberapa tempat di restoran Arab disediakan nasi mandi ini. Bagi yang ingin segera menyantap nasi mandi tanpa keluar rumah, Pasti Halal menyajikan resep nasi mandi kambing untuk Anda.  Masak nasi khas Arab ini biasanya memakai beras basmati. Beras berbentuk kurus panjang, tidak lembek, dan memiliki index glikemik rendah ini diimpor dari India dan sekitarnya. Karena harga beras basmati mahal (sekarang sekitar 55 ribu rupiah per kg), Anda bisa menggantinya dengan beras biasa yang “berani air”, yaitu beras yang tidak gambang lembek.

Bahan lain yang juga mahal dan sulit adalah safron (Zafaron) oewarana kuning yang dibuat dari sejenir bunga yang tumbuh di wilayah mediterania). Pewarna kuning ini bisa diganti dengan kunyit (Disangrai agar tdk bau kunyit mentah). Bahan lainnya relatif mudah. Jika enggan membikin rempah mandi karena bahannya gak ada di dapur Anda, Anda bisa memesan kepada pastihalal.com.
Bagi yang tidak suka daging kambing, bisa diganti dengan daging ayam atau sapi.
Silakan mencoba resep nasi mandi di bawah ini:
 mandi-22

Resep Nasi Mandi Kambing

Bahan A:
4cangkir  beras basmathi (bisa diganti beras biasa)
1/2 cangkir minyak zaitun
2 buah bawang bombay (potong dadu)
5 siung bawang putih (geprek)
1 biji tomat merah (potong dadu)
1/2 cm  kayu manis
1 kuntum bunga lawang
2 biji buah kapulaga India (Jumlahnya bisa ditambah sesuai selera)
5 tangkai bunga cengkih
1 kg arang – dibakar hingga jadi bara (bakar ketika mula akan mulai memasak nasi mandi)

Bahan B
1 kg daging kambing
1cm jahe ditumbuk
2 makan  rempah Mandi
2 helai daun salam
1 sendok teh  safron (Bisa diganti kunyit)
1 sendok makan minyak zaitun
air disesuaikan, untuk mengempukkan daging, dan kaldunya 5 cangkir untu menanak nasi
garam secukupnya

Cara membuatnya:

1. Kesemua bahan B direbus di dalam panci hingga daging empuk.      Angkat daging dan tiriskan. Lumuri daging  dengan minyak zaitun. Ambil 5 cangkir kaldi rebusan daging kambing. Sisihkan.
2. Panaskan minyak zaitun dan tumis bawang bombay dan bawang putih. Setelah menjadi sedikit kemerahan, masukkan tomat sehingga beraroma harum.
3. Masukkan beras dan aduk-aduk. Masukkan kaldu daging kambing tadi.
4. Masak nasi hingga air tiris. Kemudian susun daging kambing di atas nasi dan buatkan lubang di tengah-tengah nasi. Letakkan aluminium foil di tengah-tengah nasi. Masukkan minyak zaitun dan arang yang telah menjadi bara ke dalam aluminium tersebut. Tutup panci  nasi dengan kertas aluminium dan kemudiannya tutup dengan tudung periuk nasi supaya aroma asap dari arang terperangkap di dalam panci.
5. ON-kan kembali rice-cooker, masak lagi sehingga 5 – 10 menit.
download

Setelah nasi mandi matang, hidangkan bersama acar, boleh acar mentah atau acar matang, dan taruh daging kambing panggang di atas nasi yang ditata di atas nampan. Selamat mencoba.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories