Pasti Halal Dot Com

Umroh, Yuk! Ternyata Sangat Mengasyikkan Loh!

Image result for ihram madinah

Ini bukan iklan biro perjalanan haji dan umroh. Juga bukan manasik. Sekadar cerita ringan saja tentang sebagian perjalanan umroh. Insya Allah bermanfaat untuk yang baru ingin atau sudah akan berangkat umroh untuk yang pertama kali.

Umroh adalah perjalanan yang sangat menyenangkan. Sesaat menjelang pesawat mendarat di Madinah, hati sudah tidak keruan. Perasaan rindu akan masjid Nabi membuncah tak tertahankan. Terbayang semua cerita dalam syiroh nabi, bagaimana masjid ini dulu dibangun. Bayangan salah satu adegan film The Message saat semua sahabat yang saat itu belum terlalu banyak semua sibuk menyiapkan ini itu demi berdirinya masjid sederhana makin menarik-narik untuk segera masuk masjid haram ini. Makin dekat pesawat ke landasan makin membuncah kerinduan itu.

Bila pesawat sahabat muslim mendarat di Jeddah, perjalanan selanjutbnya ke Madinah akan dilakukan dengan bus. Perjalanan panjang cukup melelahkan. Tapi, cobalah nikmati perjalanan ini dengan cara lain. Lihatlah kanan kiri. Beberapa kilometer keluar dari kota Jeddah, hanyalah hamparan padang batu yang sangat luas. Kadang terselip hamparan pasir. Begitu tandus, begitu gersang! Hanya sedikit tanaman yang bersedia tumbuh di situ.

download-5

Pikiran saya langsung terlempar jauuuuuhhhh ke belakang. Memenuhi perintah Allah SWT nabi Ibrahim berpindah ke Mekah, membawa Siti Hajar bersama bayi Ismail yang masioh merah. Ke tanah gersang ini. Ibrahim AS rela meninggal Palestina yang jauh lebih subur. Kalau pemandangan hari ini saya masih menyisakan ganasnya padang batu dan hamparan pasir tanpa batas, bagaimana zaman Ibrahim AS? Saat itu belum terbayang Mekah dan kota lain di Jazirah ini nampak hijau. Bahkan sampai tahun 60-70an, Saudi masih berupa padang batu yang tidak menarik, Saya merenung, hanya 2 sebab yang bisa memaksa seorang lelaki meninggalkan tanahnya yang subur ke tanah super gersang ini. Sebab pertama karena orang itu tidak waras, dan sebab kedua karena diminta oleh kekasih yang amat sangat dicintainya. Sekarang terbukti, Ibrahim AS hijrah ke Mekah karena perintah kekasihnya, Allah SWT. Sekarang, sekian ribu tahun kemudian, Mekah menjadi tanah di mana buah-buahn melimpah dengan harga murah. Meskipun, tanahnya tidak berubah subur. Doa Nabi Ibrahim agar dikaruniakan bagi penduduk negri ini berlimpah buah-buahan yang dikirim dari langit. Kini, doa itu terkabul. Mekah memang tidak memberikan penduduknya buah-buahan dari hasil bumi sendiri. Tapi Allah mengirimkan buah-buahan “dari langit” seperti yang diminta Bapak orang beriman ini.

Padang batu ini akan terus mengiringi sahabat muslim sepanjang perjalanan. Saat sholat wajib tiba, misalkan subuh, bus akan berhenti di sebuah masjid. Istirahat sekalian menunaikan sholat. Umumnya yang dicari pertama kali oleh jamaah umroh adalah kamar mandi. Jangan kaget! Mungkin sahabat muslim akan berjumpa dengan kamar mandi yang kotor, air menggenang, dan selang untuk cebok tergeletak di lantai yang basah itu! Tetaplah tunaikan hajat mengurangi isi perut atau kandung kemih. Karena kalau tidak, sahabat muslim harus menahan hajat penting ini sampai Madinah. Ini memang kritik penting kepada pemerintah Saudi. Perlu perhatian khusus dalam perawatan kamar mandi di masjid-masjid peristirahatan sepanjang perjalanan Jedah-Madinah. Tapi, sebagai jamaah Umroh atau Haji, Anda tidak perlu memikirkannya terlalu dalam, karena, ada hal yang lebih penting Anda pikirkan berkait dengan ibadah Anda. Perjalanan akan berlanjut setelah sahabat muslim istirahat cukup dan menyelesaikan semua keperluan.

Beberapa jam kemudian: Masya Allah…subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaaha ilallah..Allahu Akbar..inilah Madinah! Inilah kota Rosul! Kota perjuangan Nabi SAW dan para sahabatnya hingga kita semua mengikuti belau SAW sebagai orang islam. Inilah kota itu. Yang dulu bernama Yatsrib. Di mana Khandaq? Di mana Uhud? Di mana Badr? Di mana masjid Qiblatain? di mana Masjid Kuba? Dan puluhan pertanyaan lain memenuhi relung hati kita. Inilah kota yang membanggakan itu. Kota yang diberkahi….Yaa Allah…Alhamdulillah, Engkau sampaikan kami ke kota Nabimu yang mulia, semoga, di akhirat nanti, Engkau sandingkan kami sebagai tetangga Muhamad SAW….Aamiin…

Tunda rasa haru Anda sebentar. Sekarang saatnya masuk hotel. Membawa masuk kamar semua bawaan, menatanya dengan baik, sehingga memudahkan semua langkah kita berikutnya. Ikuti saja semua petunjuk dan aturan. Tak ada yang terlalu penting di sini, kecuali Anda harus mengikuti guidence dari biro perjalanan Anda. Usahakan istirahat sebentar. Mandi, ganti baju yang bersih.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories