Pasti Halal Dot Com

Kebutuhan Makanan Halal di Amerika Serikat Terus Meningkat

Peredaran uang di bisnis makanan halal terus meningkat di Amerika Serikat. Penjualan segala jenis makanan halal ini diharapkan mencapai  $20 milyar hingga akhir tahun ini. Ini tentu bukan harapan kosong. Bloomberg melaporkan bahwa sejak tahun 2010, pertumbuhan bisnis di sektor makanan halal ini terus meningkat dengan dengan rata-rata pertumbuhan hingga 33% per tahun.

Bagaimana pertumbuhan bisnis makanan halal bisa begitu tinggi di negri Paman Sam ini? Bloomberg menyebut, ada 2 penyebab utama mengapa bisa demikian. Pertama karena pertumbuhan populasi muslim yang besar di Amerika Serikat beberapa tahun terakhir. Kedua, lahirnya generasi baru yang ingin makan dengan “tipe makanan yang berbeda”. Whole Foods adalah salah satu produsen produk makanan halal dengan pertumbuhan paling cepat. Perusahaan ini secara rutin menjalankan promosi khusus secara rutin tiap Ramadhan sejak tahun 2011. Menurut  Adnan Durrani, CEO dari Whole Foods, pembeli produk halal miliknya lebih banyak karena alasan kualitas produk yang di atas rata-rata produk non halal ketimbang karena alasan agama.

download-1

Makanan halal juga merambah ke ruang-ruang restoran. Beberapa tahun lalu, the Halal Guys hanyalah sebuah gerai yang menjajakan produk halalnya di seputaran jalan-jalan di New York. Sekarang, beberapa tahun kemudian, Halal Guys telah bermetamorfosa menjadi sebuah perusahaan franchise dengan 200 an unit restoran di Amerika Serikat dan bahkan berkembang ke beberapa negara lain.

Jika trend ini terus berlanjut, maka akan sangat menguntungkan semua fihak. Secara bisnis, sektor bisnis makanan halal ini telah menerobos kemandegan pertumbuhan berbagai bidang usaha. Dalam pandangan kesehatan,  bisnis makanan halal ini mempengaruhi kualitas makanan sehat yang lebih baik. Pilihan bahan yang halal dan thoyib dan cara penyembelihan dan perawatan binatang ternak secara islam menyebabkan kualitas yang lebih baik itu. Bagi muslim, baik pengunjung dari luar Amerika Serikat maupun muslim Amerika dimudahkan memenuhi kebutuhan konsumsinya.

Tapi, apakah trend ini akan terus berlanjut, atau hanya trend sesaat, atau akan datar saja? Ada proyeksi bahwa populasi muslim di Amerika Serikat akan menjadi sekitar 8,1 juta jiwa pada tahun 2050. Dengan asumsi bahwa proyeksi itu benar, maka kebutuhan produk halal di Amerika Serikat akan terus meningkat. Apalagi, akan ada proses saling “membantu” antara konsumen muslim, pengusaha sektor barang dan jasa halal, dan perusahaan iklan. Jadi, jawaban bahwa trend ini akan terus meningkat bukanlah spekulasi, tapi merupakan sebuah perhitungan berdasarkan data yang tersedia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories