Pasti Halal Dot Com

Di Lombok Semua Rumah Makan Halal!

Betulkah di Lombok semua rumah makan halal? Tentu tidak sepenuhnya benar. Beberapa tahun lalu memang kalimat itu mungkin benar.

Tapi sekarang, setelah Pulau Lombok menjadi destinasi wisata yang tak kalah dari Bali, mulailah dijual barang haram. Salah satunya adalah berbagai macam minuman keras. Sudah jamak terjadi, pengusaha kuliner ikutan latah menyediakan makanan dan minuman yang diduga disukai bule.

Lombok sekarang memang sangat ramai. Apalagi di musim liburan baik liburan di Indonesia maupun liburan di negara 4 musim. Pantai-pantainya yang indah, alamnya yang masih hijau, dan cahaya matahari yang berlimpah memang sangat menarik penduduk negara 4 musim.

Keunggulan Lombok makin menonjol saat memenangkan 2 penghargaan World Halal Travel Summit 2015  di Abu Dhabi, UEA. Lombok berhasil memenangkan 2 katagori yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Dalam kategori World Best Halal Tourism Destination, Lombok berhasil unggul dari Kuala Lumpur yang berada di posisi 7, lalu Istanbul yang ada posisi 6 dan Abu Dhabi di posisi 2. Sedangkan dalam kategori World Best Halal Honeymoon Destination, Lombok mengungguli Kuala Lumpur, Krabi, Antalya dan Abu Dhabi.

Lombok merupakan pulau terbesar di Propinsi Nusatenggara Barat dan dibagi dalam 4 daerah tingkat 2, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, dan Lombok Tengah. Selain indah, pulau Lombok juga memiliki kultur khas yang menarik. di antaranya adalah Gendang Beleq, Tandang Mendet, Begasingan, Bebubus batu, dan masih banyak lagi.  Gendang Beleq adalah semacam “orkestra” tradisonal yang alat musik utamanya gendang besar yang dinamakan “Gendang Beleq”.Alat musik lainnya adalah Gendang “mama” dan Gendan “papa”, ada gong penyentak, dan beberapa alat lain. Tandang Mendet merupakan tarian perang yang biasanya diiringi Gendang Mendet. Lebih ditail diuraikan di artikel lain di blog ini.

Nah, ini yang sangat menarik: Makanan khas Lombok. Apa saja itu? Buanyaaakkk…tapi beberapa saja yaa yang dikasih tahu…selebihnya, cari sendiri informasinya saat sudah mendarat di Pulau Seribu Masjid ini.

Plencing kangkung dan Ayam Taliwang mungkin sudah semua orang kenal. Saking terkenalnya, pelncing kangkung dan ayam Taliwang mengalahkan popularitas Dewi Persik yang kini mulai pudar di pembicaraan media sosial maupun yang tidak sosial. Baiklah, sebelum saya informasikan rumah makan halal di Lombok, kita ulas sedikit beberapa makanan khas pulau yang indah ini.

Plencing Kangkung

images-2

Plencing kangkung sebenarnya hanyalah sayur kangkung direbus sebentar, masih hiaju segar, dan disajikan dengan sambal dengan resep tertentu. Pedes dan segarnya luar biasa. Di restoran atau warung makan Lombok sangat mudah ditemui sayur ini, Jangan bilang sudah sampai Lombok jika belum mencicipi plencing kangkung sampai nangis saking pedasnya.

Ayam Taliwang

download-4

Ayam Taliwang asli harus dibikin dari ayam kampung, bukan ayam pedaging. Inilah salah satu rahasianya mengapa ayam taliwang berasa gurih nikmat sampai kepala. Umumnya ayam dibakar, bisa juga digoreng, dan disajikan berbalut dengan sambal merah yang meresap sampai ke tulang. Saking populernya, ayam taliwang saat ini dijajakan bukan hanya di Lombok. Di kota-kota besar di Pulau Jawa banyak restoran yang menjual ayam taliwang ini

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories