Pasti Halal Dot Com

Di Lombok Semua Rumah Makan Halal!

Sate Bulayak

download-5

Tidak seperti ayam taliwang dan pelncing kangkung, sate bulayak belum begitu tenar.  Bahan dasarnya adalah daging sapi. Dengan bumbu sambal sate khas Suku Sasak, rasa sate ini eksotik. Mungkin karena mata sudah duluan dipaksa untuk sesegeramungkin mencicipi. Disajikan dengan lontong khas Sasak yang dibungkus pakai daun aren. cara membukanya pun khas: harus membuka daun aren secara spiral! Meniru orang Sasak, makan sate bulayak lebih nikmat dan alami pakai tangan.

Nasi Balap Puyung

download-6

Sekali mencoba rasanya sahabat akan ketagihan untuk mencoba dan mencoba  lagi. Itulah nasi balap puyung. Sensasi pedasnya  menjadikan selera makan bertambah dan ingin selalu nambah. Dengan topping ayam suwir, dipadukan dengan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon dan lauk belut menjadikan paket nasi balap puyung ini juara. Dijamin berkeringat!

Ares

download-7

Ares adalah sejenis sayur yang biasanya dimasak kuning berbahan dasar kulit pohon pisang! Rasanya segar gurih. Cocok dimakan dengan nasi hangat dan mungkin ikan laut dibakar atau digoreng. Sayur ini biasanya wajib ada dalam perhelatan pernikahan suku Sasak.

Sate Rembiga

download-8

Sate Rembiga ini memiliki rasa yang unik mulai dari manis, gurih dan utamanya pedas. Nama Rembiga berasal dari nama sebuah desa Rembiga. Karena sangat laris dan populer sampai sekarang dikenal dengan nama Sate Rembiga.

Sate Tanjung

download-11

Sate Tanjung terbuat dari ikan cakalang. Ini pas dengan penyuka ikan laut. Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi panas bersama lontong atau nasi. Keduanya sama-sama memberikan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sate ikan Cakalang Lombok. Rasa gurihnya didapat dari santan dan beberapa rempah khas Lombok. Sate Tanjung paling populer dan “asli” adalah  sate Tanjung di pasar Tanjung.

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

images-3

Muncul hanya sekali setahun, saat lebaran. Jadi, saat berwisata ek Lombok bukan lebaran, jangan berharap ketemu makanan ini. Makanan ini sebenarnya sangat familiar bagi kebanyakan orang Indonesia di luar Lombok. Tape ketan hijau yang disajikan bersama jaje tujak. jaje tujak ini semacam jadah atau gemblong. Jadah di sini dimasak bersama daun suji dan daun pandan.

Babalung

download-9

Penamaan bebalung mungkin sudah lekat dengan tulang. Iya, bahan utama kuliner ini adalah tulang iga sapi atau kerbau yang dibumbui dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit ditambahkan juga jahe. Yang paling khas dalam penyajian bebalung adalah taburan bawang gorengnya yang melimpah. Bebalung yang paling populer ada di Depot Kelebet di belakang kantor Gubernur NTB.

Beberuk Terong

download-10

Mungkin ini bisa disebut juga gado-gado Lombok. Kuliner jenis lalapan ini biasanya dipadu padankan saat menikmati Ayam Taliwang. Bahan utamanya memang menggunakan terong ungu yang sudah dipotong-potong dan dicampur dengan tomat serta beberapa bumbu rempah lainnya. Nah, setelah ditambah dan dicampur kemudian terong dan taburan bumbu rempah ini ditambahkan kesegaran air jeruk limau. Rasanya benar-benar gado-gado, pedas, manis, asam dan sangat segar untuk makan siang sekalipun.

Loh, di mana dong, rumah makan halal di Lombok? Yah, meskipun dikatakan bahwa makanan halal mudah didapat, tetaplah teliti dan hati-hati makan di rumah makan. Untuk warung rakyat, rumah makan milik penduduk setempat, milik Pak Haji gitu, silakan gak perlu repot cari sertifikat halal. Cukup tanyakan, apakah makanan yang mereka jual halal. Untuk rumah makan kelas restoran, yang mungkin dikelola oleh orang dari luar Lombok, asing maupun domestik, tetaplah mengutamakan yang ada sertifikat halal MUI. Atau tanyakan sejelas-jelasnya.

Di bawah ini beberapa rumah makan halal yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda:

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories