Pasti Halal Dot Com

Berburu Makanan Halal dan Enak Khas Manado

Apa yang Anda ingat saat disebut Kota Manado? Bunaken! Ya, Taman Laut Bunaken inilah yang mungkin pertama kali terlintas si kepala. Tak salah. Taman laut ini memang dikenal sangat indah. Bukan hanya orang Indonesia, orang asing dari berbagai negara pun mengakui keindahan alam Laut Bunaken. Sebuah fenomena alam laut dangkal, yang airnya sangat jernih dan di bawahnya menyimpan anek macam terumbu karang yang menjadi istana bagi ratusan jenis ikan dan satwa laut. Tidak aneh kalau Bunaken menjadi spot menyelam yang digandrungi banyak orang di seantero jagad.

Laut dan pantai indah di Manado. atau tepatnya di Wilayah Sulawei Utara,  sebenarnya bukan hanya Bunaken. Pulau siladen, Manado Tua, dan Taman Laut Tumbak juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang dan ikan laut warna warni di lokasi-lokasi ini  tak kalah dari Taman Laut Bunaken.

Manado juga memiliki Danau Tondano yang indah, sejumlah air terjun yang aduhai, spot arung jeram yang menantang, dan wisata dalam kota yang juga menarik. Danau Tondano merupakan sebuah danau vulkanik di ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Tondano juga memiliki pulau di tengahnya. Bila ingin menikmati indahnya sunset, Anda bisa mengunjungi Pantai Malalayang di Manado. Pokoknya….ini kota yang asyik untuk dikunjungi.

Bagaimana dengan makanannya? Semua orang sudah mengetahui betapa banyaknya makanan khas Manado yang lezat itu. Akan tetapi jika menyangkut di mana harus makan sebagai muslim kita harus hati-hati. Karena mayoritas penduduk Manado non muslim maka kita harus betul-betul memilih makanan yang pasti halal. Marilah  kita mencicipi beberapa jenis makanan khas orang Minahasa yang halal. Kita tidak akan membahas makanan Minahasa yang berbahan babi, tikus, anjing, dan kelelawar. Kita hanya tertarik pada makanan yang tanpa  semua bahan haram itu. Jika ingin menikmati kekhasan rasa masakan Manado tanpa keluar rumah silakan masak sendiri, kami sajikan resepnya untuk Anda.

1..Bubur Manado (Tinutuan)

bubur manado halal

Tinutuan atau dikenal  dengan sebutan Bubur Manado merupakan makanan khas Sulawesi Utara  paling terkenal. Di hampir semua tempat anda bisa menemukan kuliner yang satu ini. Bahkan di pusat-pusat keramaian terdapat lokasi yang dikhususkan untuk menjual tinutuan. Sebenarnya bahan bubur manado ini sama saja dengan bubur beras di Jawa, yakni berbahan beras, santan, dan bumbu lain. Yang membedakan adalah citarasanya akibat adanya bumbu khusus tertentu yang tidak ada pada bubur beras di Jawa.

2. Klappertaart (klapatart)

klaapetart halal

Klappertaart ini merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang  merupakan modifikasi dan perpaduan cita rasa barat dan bahan tradisional di Bumi Nyiur Melambai, yakni kelapa.  Kue klapatart ini menjadi suguhan wajib di setiap perayaan-perayaan besar di Sulut. Saat ini Klapatart juga menjadi oleh-oleh khas dari Manado. Tidak jarang wisatawan domestik dan mancanegara menjadikan kue ini sebagai hadiah cantik. Saking terkenalnya, saat ini di banyak kota di seluruh Indonesia, banyak toko roti yang menyediakan kue lezat ini.

3. Sambal Dabu-Dabu

dabu dabu halal

Sambal Dabu-Dabu merupakan cincangan tomat segar, cabe merah, cabe rawit, dan bawang merah, yang disiram air jeruk nipis. Rasanya pedas segar, sangat khas rasa Minahasa. Biasanya digunakan untuk mendampingi masakan ikan laut, baik yang digoreng maupun yang dibakar. Meskipun sudah tersebar di seluruh nusantara, rasanya lebih mantap menikmati sambal ini di daerah asalnya. Entah memang demikian, atau hanya soal psikologis.

4. Saut

.Saut merupakan sayuran yang berasal dari batang pisang muda (batang paling dalam setelah pelepahnya dikeluarkan) dan diiris kecil-kecil kemudian dibumbui. Saut sering menjadi makanan khas setiap kali pesta pernikanan di gelar di Minahasa. Makanan seperti ini dapat ditemukan di Lombok dengan nama Ares. Tentu saja beda bumbu dan beda citarasa.

5. Nasi Jaha

nasi jaha halal

Nasi jaha merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang berbahan dasar beras ketan dan santan, yang dibakar setelah sebelumnya diisi kedalam batang bambu berlapis daun pisang kemudian dibakar. Nasi jaha merupakan oleh-oleh wajib selain dodol setiap perayaan pengucapan syukur.

6. Cakalang Fufu dan Woku

cakalang halal

Fufu dalam bahasa Manado/Minahasa artinya asap. Jadi Calang Fufu adalah ikan cakalang yang diawetkan dengan metode pengasapan. Rasa khas dari cakalang fufu diperoleh dari aroma asap yang ada akibat pengasapan yang cukup lama. Cakalang fufu bisa disajikan dalam berbagai bentuk hidangan seperti digoreng, woku, dan kuah. Karena sebelum diasap sudah dibumbui terlebih dulu maka hanya sekadar digoreng pun sudah sangat gurih.

7. Payangka

Payangka adalah nama ikan yang hidup di Danau Tondano. Ikan ini disebut juga Betutu (Marbel Goby) termasuk katagori makanan khas Sulawesi Utara yang nikmat. Dulu orang meyangka bahwa ikan payangka hanya bisa ditemukan di Danau Tondano. Di tempat lain ikan payangka disebut ikan malas, karena ikan betutu ini jarang sekali ke permukaan air, bermalas-malasan di dasar danau. Bentuknya mirip ikan gabus namun lebih pendek dan lebih bundar gemuk. Dimasak dengan bumbu woku halal, ikan ini sangatlah lezat rasanya…

8. Mujair Bakar dan Woku

woku halal

Ikan Mujahir tersebar hampir di seluruh nusantara. Saya tidak tahu, apa sebenarnya perbedaan ikan mujahir dengan ikan nila. Bentuk hampir sama. Yang khas dari masakan mujahir di Manado adalah cara memasaknya. Pada umumnya mujahir di sini disajikan dalam bentuk masakan woku. Juga kadang dibakar dengan bumbu khas Minahasa.

9. Sambal Roa

sambal roa halal

Sesuai dengan namanya, Sambal Roa dibuat dar ikan roa atau ikan gepe atau ikan galafea, sebutan di Maluku. Ikan Roa merupakan jenis ikan terbang yang banyak hidup di perairan Sulawesi dan Maluku.

Sambal roa dibuat dengan terlebih dahulu menghaluskan ikan roa, dicampur sedikit minyak dan memasaknya. Ada juga yang memasak tanpa minyak. Kemudian bahan lain yang terdiri atas cabe rawit, cabe merag, bawang merah, bawang putih, dihaluskan dan ditumis dengan sedikit gula dan garam. Setelah matang, bumbu halus tersebut diaduk bersama ikan roa yang sebelumnya sudah dimasak. Sambal roa bisa dimakan melengkapi bubur tinutuan, nasiputih, atau dengan sayur tertentu. Cukup eksotis rasanya.

10. Gohu

gohu halal

Puwedaassss dan sadaaapppp….begitu kira-kira kesan yang muncul saat menikmati Gohu. Makanan khas Minahasa yang ini berbahan dasar pepaya mengkal yang terkadang dicampur irisan mentimun. Gohu ini bisa dikatakan semacam asinan atau rujak buah. Buah pepaya setengah matang diiris sebesar 2 kali batang korek api. Dicampur sedikit cukak, kemudia dibumbui gula aren (sebutan gula batu di Manado), air cabai (sesuai selera, biasanya sangat pedas), bakasang (cairan kenthal berbahan fermentasi telur ikan), dan jahe. Rasa pedas yang kuat didapat dari air cabe dan jahe.

Kudapan segar ini biasanya dimakan bersama kawan-kawan. Perempuan konon lebih banyak yang menyukai gohu ketimbang laki-laki.

11. Tuturuga

makan halal manado

Sedikit agak ekstrim tapi masih halal. Tuturuga berarti kura-kura. Jadi ini adalah lauk yang dimasak dari daging kura-kura. Makanan ini sekarang sudah langka karena penangkapan kura-kura di alam sudah tidak bisa dilakukan secara bebas.

Sepintas masakan ini mirip opor ayam. Baik dari segi warna maupun tekstur. Dan, kalau ke Manado saat ini, yang Anda dapat memang “Ayama Tuturuga” yakni tuturuga yang bahannya tidak lagi kura-kura, melainkan daging ayam.

12. Ikan Tude

ikan tude halal

Sepintas, ikan tude tidak berbeda dari ikan kembung. Entah memang beda, atau karena soal perasaan, ikan tude berasa lebih gurih ketimbang ikan kembung. Ikan ini biasanya digoreng atau dibakar dan disajikan bersama dabu-bau dan sayur kangkung.

Itulah beberapa jenis makanan khas Manado yang halal. Jika Anda ingin mencicipinya dan gak ingin keluar rumah, silakan ikuti Resep Halal Masakan Manado di blog kita tercinta ini. Sebenarnya banyak makanan khas orang Minahasa. Tapi karena mereka umumnya non muslim, maka banyak yang berbahan dasar binatang tidak halal, seperti anjing. babi, tikus, dan  kelelawar. Setidaknya, di antara binatang tersebut yang minimal syubhat yang sudah seharusnya dihindari.

 

Mbak Nomi

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories