Pasti Halal Dot Com

Mencari Rumah Makan Halal di Toraja

Toraja merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia yang digemari baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Daya tarik utama dari wilayah Sulawesi Selatan bagian utara ini terutama pada budaya aslinya yang masih dipertahankan dan peninggalan budaya lama yang masih utuh.

Bagi kita umat islam, wisata adat dan budaya Toraja sebenarnya tidak perlu dikunjungi. Atraksi budaya yang disajikan merupakan ritual-ritual zaman animisme dinamisme dan hindu. Tentu saja yang akan kita saksikan adalah upacara-upacara kepercayaan asli yang jelas bagian dari kemusyrikan. Tradisi kematian dan perayaannya, penguburan, dan penyembahan kepada dewa mereka semuanya merupakan sisa zaman lalu yang tidak kita perlukan untuk dilihat.

Bagaimanapun juga pastihalal.com menyajikan informasi di mana mencari makanan halal di Toraja bagi muslim yang mengunjungi daerah itu, tujuannya, agar tetap bisa menjaga kebutuhan halalnya di mana saja berada.

Toraja, merupakan bagian utara dari Sulawesi Selatan. Terdiri atas 3 kapbupaten, yaitu, Kabubaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa. Mayoritas penduduk Toraja beragama kristen dan masih banyak pula yang menganut kepercayaan lokal. Sekarang mulai banyak penduduk beragama islam yang datang ke Toraja terutama dengan alasan pekerjaan. Informasi lengkap tentang Toraja bisa Anda dapat di antaranya di Wikipedia Bahasa Indonesia.

Inilah rumah makan yang insya Allah aman bagi kita untuk makan di Toraja:

 

Kabupaten Tana Toraja 

Rumah Makan Hj. Idaman, Jl. Merdeka no 46, Makale / samping Masjid Raya (menu : nasi campur, ikan bakar/goreng, soto ayam, dll)

RM Buli-Buli, Jl. Pongtiku, Makale / samping jalan keluar terminal (menu : mie goreng, ayam goreng, bubur ayam, mie pangsit, nasi goreng, dll). Buka Senin – Sabtu (Minggu buka jam 17.00

Depot 99, Jl. Nusantara no 37A, Makale  samping Wisma Bungin (menu : ayam lunak tanpa tulang, ikan bandeng presto, mie goreng, mie kering, nasi goreng, mie kuah, dll). Buka Senin-Sabtu (Minggu tutup)

Warkop Pro, Jl. Pongtiku, Makale (menu : soto ayam, nasi ayam goreng, dll). Buka Senin-Sabtu (Minggu tutup)

Warung Sop Sodara dan Nasi Campur,Jl. Pongtiku, Makale / samping minimarket Gracia (menu : nasi campur, sop sodara, konro, dll)

RM Lesehan Putri, Jl. Poros Makale-Rantepao, Makale (menu : ikan bakar/goreng, ayam bakar/goreng, dll)

Kabupaten Toraja Utara 

  1. Ayam Penyet Ria,Jl. Ahmad Yani no 81, Rantepao / dibawah Rumah Doa, depan Alfa Midi (menu: ayam penyet, pecel lele, gado-gado, cah kangkung, ayam bakar, mie goreng, udang penyet, tempe/tahu penyet. dll). Telp : 0423 25188 / 081241828866
  2. RM Satria Desa, Jl. Diponegoro, Rantepao (menu : ayam kampung goreng)
  3. Warung Makan Mie Gentong, Jl. Merdeka no 16, Rantepao /samping lapangan Bakti (menu : mie gentong, kapurung, nasi goreng omelet keju, mie saus bolognaise, dll). Telp : 085311066901. Buka Senin – Sabtu (Minggu tutup)
  4. Pizza Kinaya, Jl. Ahmad Yani no 80 / samping Alfa Midi (menu : pizza, spaghetti, nasi goreng, sandwich, dll). Telp : 082328019888. Buka Senin – Sabtu (Minggu tutup)
  5. RM Dapota’, Jl. Pongtiku – Poros Rantepao, Rantepao (menu : seafood, ayam goreng mentega, ayam tepung, mie kuah/goreng, sayuran, dll)
  6. RM Kikil dan Umum, Jl. Diponegoro, samping My Laundry, Rantepao (menu : Makanan lokal Toraja – piong ikan mas, ikan masak daun pangi, ayam/bebek dangkot, ikan mas goreng, sop kikil, dll)
  7. RM Muslim Madinah, Jl Diponegoro no 40, Rantepao (menu : ayam goreng/bakar, ikan goreng/bakar, dll)
  8. RM Lesehan Asma’ul Husna, Jl. Poros Makale-Rantepao, Rantepao. Telp : 08124293158 (menu : ayam goreng/bakar, ikan bakar/goreng, sayuran, dll)
  9. Rocket Fried Chicken (RFC), Jl. A. Mappanyukki, Rantepao/samping Bank Mandiri. (menu : ayam goreng tepung, spaghetti, nasi goreng, dll)
  10. Warung Sop Ubi dan Sarabba,Jl. Emmy Saelan no 15, Rantepao (menu Sop Ubi, Pisang Goreng dan Sarabba)
  11. Warung Soponyono,Jl. A. Mappanyukki (dekat Cafe Aras) (menu nasi rawon, nasi goreng, prasmanan, dll)

Demikian yang bisa pastihalal.com kumpulkan tentang rumah makan halal di Tana Toraja. Sangat tidak lengkap dan tidak memberikan ulasan, krn penulis sendiri belum pernah sampa ke sana. Penulis mengumpulkan data ini dari beberapa sumber, sebagai usaha untuk menginformasikan bagi saudara muslim agar terbantu dalam soal makanan saat menginjakkan kaki di Toraja dengan alasan apapun. Terimakasih.

 

Mbak Nomi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories