Pasti Halal Dot Com

Bakmi Jawa Halal Dan Lezat Di Jogja: Di Mana Mencarinya?

Bakmi Jawa mana yang paling lezat di Jogja? Saya kira, akan ada jawaban sebanyak jumlah orang yang Anda tanya. Mengapa?

Pertama, karena di Jogja terdapat puluhan warung bakmi Jawa, atau malah ratusan. Kedua, karena takdirnya, rasa itu tak pernah bisa diseragamkan. Apalagi jika rasa itu dikaitkan dengan tempat makan umum seperti restoran, rumah makan, atau kedai. Dalam hal ini, selain lidah, faktor visual, suasana, dan hati akan juga berpengaruh.

Karenanya, rekomendasi penulis soal bakmi Jawa ini juga bersifat relatif. Misalkan penulis merekomendasikan 10 warung bakmi, bisa jadi pembaca yang kebetulan “maniak bakmi Jawa” akan memiliki pendapat lain. Mungkin ada yang merasakan bakmi A terlalu asin, bakmi B terlalu manis, dan seterusnya. Tapi gak apa juga sih, kalau yang direkomendasikan dirasa kurang siiippp…masih ada puluhan yang lain…hehehe. Selanjutnya, urutan nama warung bakmi Jawa halal nanti tidak menunjukkan rangking. Anda sendiri yang kami persilakan membuat rangking setelah mencicipinya. Alhamdulillah kalau saat mencicipi ngajak-ngajak penulis.

 

Bakmi mBah Mo

Mie Jawa Mbah Mo

Lokasinya di luar kota Jogja arah selatan. Dari Jogja Anda berkendara di Jalan Parangtritis, setelah ketemu Perempatan Manding, Desa Kerajinan Kulit terkenal di Jogja, Anda belok kanan (barat). Terus saja, kalau bingung tanya penduduk pasti ditunjukkan di mana warung itu. Siap-siaplah dengan kesabaran terbaik Anda. Dijamin pasti lama menunggu bakmi yang bikin Anda penasaran ini.

Bakmi Jawa mBah MO, konon mulai beroperasi tahun 1985 ini larisnya bukan kepalang. Seramai apapun tetap dimasak satu persatu. Karena harus menunggu lama, tentu sangat cocok untuk kangen kangenan sama kawan lama. Akan sangat banyak   waktu untuk ngobrol

Alamat Bakmi Jawa mBah Mo adalah di Jl. Dusun Code, Kec. Bantul, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (0274) 418676

Bakmi Pele

bakmi-pak-pele

Warung Bakmi Pak Pele terletak di Timur Pagelaran Kraton, Alun-alun Utara Yogyakarta (depan SD Keputran. Citarasa Bakmi Pak Pele bisa diadu. Seperti warung bakmi yang lain, warung ini menyediakan bakmi goreng, bakmi godhog, bakmi nyemek, nasi goreng, dan magelangan. Di sini,  Anda bisa memilih bakmi kuning saja, bakmi bihun, atau dicampur keduanya. Citarasa Bakmi Pak Pele gurih dan manis, sesuai dengan lidah orang Jogja. Bakmi Pak Pele juga menggunakan mie tebal dan lebih besar dibandingkan dengan mie kuning biasa sehingga teksturnya sedikit kenyal namun tetap nikmat

Bakmi Jawa yang berdiri sejak tahun 1970 ini berlokasi di Timur Pagelaran Keraton, Alun –alun Utara Yogyakarta

Bakmi Pak Geno

Mie jawa Geno

Bakmi Jawa Pak Geno memuncaki gelar sebagai warung bakmi juara sejak Pak Harto, presiden terlama Indonesia itu, jajan bakmi di situ. Sejak itu, atau konon sebelumnya, bakmi Pak Geno memang sangat digemari masyarakat. Citarasanya yang medhok Njawani mungkin jadi kekuatannya. Sekarang, setelah Pak Geno tiada, warung bakminya diteruskan para putranya. Ada Pak Harjo Geno yang menempati warung kecil Ayahnya di pasar Prawirotaman, Jalan Parangtritis. Ada Pak Hadi Geno di pertigaan Mangkuyudan, sekitar 100 meter dari pasar Prawirotaman tadi. Ada satu lagi adiknya, yang buka bakmi lesehan di ujung jalan Parangtritis, selatan lampu merah Pojok Beteng Wetan, sebelah timur jalan.

Semuanya masih seenak resep mendiang ayah mereka. Tapi, kalau lidah saya paling cocok yang ada di pasar Prawirotaman.

Bakmi Kadin

Mie Kadin

Dinamai Bakmi Kadin karena warung bakmi ini ada di dekat kantor KADINDA DIY. Usia warung ini tergolong cukup tua. Konon, dulu juga merupakan warung bakmi langganan Pak Harto Sang Presiden. Citarasa bakminya enak, nJogjani. Terletak di Jalan Bintaran Kulon nomor 3 dan 6, tak jauh dari Titik Nol Kilometer.

Bagi yang gak suka jauh-jauh ke luar kota Jogja bakmi Kadin sangat cocok karena bakmi ini ada di tengah Kota Yogyakarta. Untuk menikmati bakmi kadin juga tidak dibutuhkan waktu terlalu lama antre. Meskipun banyak pelanggan, biasanya bakmi kadin tetap bisa menyajikan bakmi dengan cepat, karena warung ini menyiapkan banyak tungku untuk memasak.

Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mabh Gito

Yang paling menarik pada Bakmi Mbah Gito adalah suasana warungnya. Begitu selesai parkir, Anda akan langsung menyaksikan bangunan dari kayu-kayu utuh dengan arsitektur natural. Kayu-kayu gelondongan dirangkai begitu saja seperti di dalam hutan. Saat mau masuk warung Anda akan disambut dengan para pelayan dengan pakaian tradisional jawa Jogja. Semuanya. Senyum ramah crew yang cukup banyak juga akan menambah rasa kerasan Anda. Tempat ini sangat cocok untuk ngobrol dengan kawan atau keluarga.

Bila ingin mencoba, inilah alamaynya: Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Daerah Istimewa Yogyakarta 0852-2840-8800

Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu

Meskipun namanya agak kejepang-jepangan, warung ini adalah milik orang Jogja asli dan sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Terletak di Jalan Raya Bantul No. 106 (500 meter selatan Pojok Beteng Kulon), Warung Bakmi Shibitsu selalu ramai dikunjungi pembeli. Di tempat ini dijual dua jenis bakmi yakni bakmi goreng dan bakmi godhog atau rebus. Tampilan bakmi di tempat ini tidak banyak berbeda dengan bakmi Jawa lainnya, hanya saja warnanya lebih terang. Hal ini dikarenakan penggunaan kecap yang tidak terlalu banyak. Bakmi ini terdiri dari dua jenis mie, yakni mie kuning dan bihun serta dilengkapi potongan-potongan kecil daging ayam dan taburan daun seledri serta bawang goreng. Bumbu yang meresap kuat membuat Bakmi Shibitsu terasa sangat nikmat. Satu porsi Bakmi Shibitsu dibandrol harga Rp 16.000.

Bakmi Doring

images-3

Nama Bakmi Doring berasal dari singkatan tendo miring, di mana saat pertama kali berjualan mengambil lokasi di pinggir jalan dengan menggunakan tenda yang berbentuk miring. Meskipun kini sudah tidak lagi menggunakan tenda, nama Doring masih tetap eksis hingga sekarang. Warung Bakmi Doring terletak di Jln. Suryowijayan No 348 Yogyakarta. Bakmi Doring memiliki racikan rahasia yang membuatnya mampu bertahan dari tahun 1984 hingga kini. Gurihnya telur bebek yang berpadu dengan tekstur lembut bakmi serta bumbu-bumbu lain menciptakan kelezatan yang sempurnya. Untuk satu porsi bakmi goreng maupun rebus dibandrol dengan harga Rp 15.000. Sebagai teman makan, pengunjung bisa memesan teh poci atau wedang uwuh khas Imogiri. Bakmi Doring buka dari pukul 17.00 – 24.00 WIB. Menurut saya, juaranya warung ini justru pada nasi gorengnya yang lembut, gurih dan wah

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories