Pasti Halal Dot Com

Sate Klathak: Kuliner Yang Tidak boleh Terlewat Saat Liburan di Jogja

Pernah makan sate klathak?Apa lagikah itu? Di Indonesia kita tercinta ini jenis sate memang luar biasa banyak.

Ada sate kambing, sate ayam, dan sate kelinci. Kata depan adalah jenis masakan, kata yang belakang bahannya. Sate Kambing dibuat dari daging kambing, sate ayam dibuat dari daging ayam, dan seterusnya.

Ada lagi sate Tegal, sate Madura, sate Padang. Bagi kita orang Indonesia tentu langsung faham bahwa keterangan di belakangnya menunjukkan asal jenis sate itu. Sedang bahannya beda-beda. Sate Tegal dari daging kambing, sate Madura dari daging ayam, sedangkan sate Padang dari daging sapi. Masih bnyk jenis sate yang lain yang khas beberapa daerah. Di Lombok, di Pemalang, di Semarang, dan sebagainya ada sate khas yang juga menggoda untuk dicoba.
Sate Klathak? Ya, yang satu ini sate khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahannya adalah daging kambing, dipilih bagian daging yang paling empuk. Daging kambing yang sudah diiris bentuk dadu ditusuk dengan jeruji sepeda (tentunya sudah dibersihkan…hehehehe…). Satu tusuk biasanya berisi 8 atau 7 iris daging. Satu porsi umumnya terditi atas 2 tusuk sate. Sate ini dibumbui garam sekadarnya, kemudian dibakar sampai matang. Karena bumbunya hanya garam, maka rasa yang muncul hanyalah rasa original daging kambing yang gurih asin.

Beda dari sate kambing jenis lain yang biasanya disajikan bersama sambal kacang atau sambal kecap, sate klathak ini disajikan bersama kuah gule.Sate yang masih hangat dicelupkan ke dalam kuah gule lalu disantap bersama nasi hangat yang telah tersaji. Bila tidak suka kuah gule, sate klathak tetap bisa dimakan bersama sambal kecap. Minta saja kepada pelayan untuk menyediakan pelengkap makan sate tersebut.

Daerah asal sate klathak adalah daerah Banguntapan atau Plered, Bantul, Jogja, tepatnya di desa Jejeran. Desa Jejeran ini memang merupakan pusatnya segala macam olahan kambing di Jogja. Terdapat puluhan, atau bahkan mungkin ratusan warung sate kambing yang biasanya juga menyediakan gule kambing, tengkleng, tongseng, dan nasi goreng kambing. Di seputaran desa ini juga banyak terdapat pedagang kambing hidup dan daging kambing.

Nah, yang paling khas dari semua itu memang sate klathak. Karena itu, meskipun sudah banyak warung sate klathak di Jogja, disarankan untuk mencarinya di tempat asalnya. Jangan khawatir soal kehalalan masakan ini. Desa Jejeran, selain dikenal pusatnya sate kambing juga dikenal sebagai pusatnya pesantren di Jogja. Penjaja olahan kambing di sini pada umumnya adalah kaum santri yang sangat mengutamakan kehalalan produknya.

Jejeran, dari arah Kota Jogja, Anda masuk ke Jalan Imogiri Timur. Perempatan ringroad sebelah selatan Terminal Bus Giwangan terus saja. Jalan terus, sekitar 5 km anda akan sampai ke Pasar Jejeran. Ada banyak pilihan warung sate klathak di sini. Menurut saya, pada umumnya enak. Rekomendasi kami kali ini hanya merujuk pada warung yang paling laris.

Di bawah ini warung sate kambing paling favorit di Jogja

klathak-1

Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari ada di sisi selatan Pasar Jejeran. Buka malam hari, mulai jam 17 wib sampai habis. saking larisnya, Anda harus bersabar untuk mendapatkan sate klathak pesanan Anda. Jika tidak sabar menunggu, cari saja warung lain yang ada di sekitar pasar ini. Ada 3-4 warung. Umumnya semua rame meskipun tidak seramai Pak Bari.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong Tidak jauh dari pasar Jejeran. Dari arah kota, setelah ketemu perempatan Jejeran dekat pasar, Anda belok kanan ke arah Stadion Bantul. Sekitar 3 km dari lampu merah ini anda sudah akan ketemu Warung Sate Pak Pong di kanan kiri jalan. Tandanya di situ ada waru8ng sate dwengan parkir luas yang dipenuhi mobil motor.

Sate Klathak Jede

Sate Klathak Pak Jede konon juga dari Jejeran. Tapi yang satu ini justru berlokasi di wilayah Sleman, Jogja. Jadi buat yang malas ke daerah Bantul juga bisa menikmati sate klathak yang sama enaknya cukup di dekat Kota Jogja. Warung sate ini berada di daerah utara Ambarukmo Plaza. Kalau sobat sering berkunjung ke Outlet Biru atau Kampung wisata kuliner Pringwulung, kalian akan dengan sangat mudah menemukan warung ini. Karena lokasinya ada di selatan OB atau agak sedikit menyerong di depan Warung Makan Selaras. Selain lokasinya yang strategis, warung ini juga punya tempat parkir yang cukup besar dan area warung makan yang cukup luas. Luas warung ini ternyata membuat efek nyaman dan tidak pengap selama kalian menyantap menu kambing yang sobat eaters suka.

Bagi yang kurang suka sate klathak jangan khawatir. Warung-warung di atas juga menjajakan olahan daging kambing selain sate klathak, seperti sate kambing biasa, gulai, tongseng, dan tengkleng/ Selamat mencicipi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories