Pasti Halal Dot Com

Halal-Haram Pembuatan Cuka

Halal-Haram Pembuatan Cuka menentukan apakah cuka di meja makan halal atau haram.

Nabi SAW menyebutkan cuka adalah lauk yang istimewa, bahkan sebaik-baik lauk. Cuka juga menjadi minuman para Nabi terdahulu. Namun tidak semua cuka boleh dimakan. Halal-Haram Pembuatan Cuka menentukan kehalalan cuka tersebut.

Rosululloh SAW bersabda.:
Dari Ummu Said RA dari Nabi SAW, baginda bersabda: “Sebaik-baik hidangan ialah khal (cuka). Ya Allah berkatilah pada khal (cuka). Sesungguhnya ia adalah makanan para nabi sebelum aku. Tidak akan dilanda kemiskinan rumah yang ada khal (cuka).”
(HR. Muslim dan Ibnu Majah)

Halal-Haram Pembuatan Cuka

Dari Jabir bin Abdullah ra. bahwa Rasulullah SAW bertanya tentang lauk-pauk kepada keluarganya. Jawab mereka: Kami tidak mempunyai apa-apa, kecuali cuka. Lalu Rasulullah SAW meminta dihidangkan. Setelah dihidangkan, baginda memakannya seraya berkata : Sebaik-baik lauk ialah cuka.”
(HR. Muslim)

Rasul SAW juga bersabda: “Sebaik-baik yang dicampur dalam hidangan adalah cuka.”
(HR. Muslim).

Cuka dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti: buah apel, anggur, nira kelapa, malt, butir-butiran serealia, gula sendiri (seperti sukrosa dan glukosa), serta asam asetat glasial.

Proses pembuatan cuka meliputi 2 tahap proses fermentasi yang berkesinambungan, yaitu proses fermentasi: pengubahan glukosa (C6H12O6) menjadi alkohol (C2H5OH) dan pengubahan alkohol menjadi asam cuka (CH3COOH). Proses ini harus berkesinambungan. Tidak boleh dihentikan di tahap pertama. Atau langsung tahap kedua tanpa fermentasi tahap pertama (berarti cuka dibuat dari khamr).

Jika diproses dengan cara tersebut di atas, maka cuka tersebut halal dikonsumsi. Contohnya, cuka apel hukumnya halal.

Cuka juga bisa dibuat arak (khamr), seperti: wine, spirits, sherry, cider, dll. Cuka yang dibuat dari khamr hukumnya haram.

Sebagaimana hadits berikut:
Anas bin Malik ra. menceritakan bahwa sesungguhnya Abu Thalhah ra. telah bertanya kepada Nabi SAW. tentang anak-anak
yatim yang menerima warisan khamr. Maka Nabi SAW. bersabda: “Tumpahkanlah dia.” Abu Thalhah bertanya lagi, “Apakah tidak saya buat cuka saja?” Jawab beliau SAW., “Tidak boleh!” (HR. Abu Dawud).

Contoh cuka haram karena dibuat dari khamr:
– Wine vinegar (red wine vinegar dan white wine vinegar)
– Spirits vinegar
– Sherry vinegar
– Cider vinegar (apple cider vinegar, pear cider vinegar)
– Balsamic vinegar
– Rice vinegar.

Allaahu a’lam bish-showwab
Halal Centre F. Peternakan UGM

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories